Anak-anak dan pentingnya olahraga

Anak-anak dan pentingnya olahraga

Berpartisipasi dalam berbagai bentuk aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi anak-anak karena memberi mereka kemampuan sosial yang diperlukan sepanjang hidup mereka

Dikarenakan cepatnya perkembangan teknologi, anak-anak mulai lebih memilih permainan komputer dan olahraga di dunia maya yang merusak kebiasaan sehat dunia nyata.

Mengingat bahwa olahraga rutin pada anak-anak merupakan aktivitas yang semakin langka, sangatlah penting bagi orang tua untuk menunjukkan tanggung jawab dan mendorong anak-anak mereka untuk bergerak sebanyak dan sedini mungkin.

Langkah pertama menuju ke arah ini adalah mengenali aktivitas fisik yang sesuai, sesuai dengan usia, keinginan dan kemampuan anak, untuk memaksimalkan efek olahraga terhadap perkembangan dan kesehatan anak. Memilih olahraga yang salah dapat memberikan hasil yang berlawanan.

Tidak seperti aktivitas bermain yang spontan, olahraga yang terorganisir memberikan keamanan, serta kemampuan untuk belajar aturan dan kedisiplinan.

Selain manfaat tersebut, olahraga reguler juga dapat diartikan sebagai penurunan risiko penyakit kronis yang serius, dan juga meningkatkan kemandirian dan keterampilan sosial.

Keuntungan lainnya:

• mempelajari konsep “kerja tim”, ketekunan, ambisi, daya saing
• perpaduan antara peraturan dan pengembangan kemampuan untuk melatih kesabaran
• meningkatkan kemampuan adaptasi, tanggung jawab dan rasa hormat terhadap orang lain
• mengembangkan kemampuan untuk menangani situasi yang tidak dapat diprediksi
• memperbaiki hubungan dengan orang dewasa dengan membuat anak-anak lebih terlibat dan penuh perhatian
• anak-anak bisa mendapatkan banyak teman baru seusianya, dengan hasrat dan minat yang sama, yang merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan mereka

Selain itu, anak-anak yang melakukan aktivitas fisik secara teratur akan mendapatkan keuntungan dari efek emosional positif dan meningkatkan kepercayaan diri mereka bila dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Kesimpulannya, dapat diterima bahwa anak-anak yang melakukan olahraga yang berbeda akan menjadi lebih ambisius, lebih sehat, dan menjadi lebih bahagia dan lebih sukses saat menjadi orang dewasa.