Bistek de toronja – resep inkonvensional dari Kuba

Jika Anda mencari makanan pengganti daging, hidangan steak pith grapefruit yang unik dan langka ini akan membuat Anda penasaran

Hidangan Kuba ini memiliki sedikit cerita sedih. Selama masa paceklik di Kuba pada tahun 1990-an, penduduk setempat biasa menggantikan daging dengan grapefruit karena harga daging yang begitu tinggi atau kurangnya persediaan daging. Orang-orang miskin menemukan pengganti daging yang sangat mirip, baik dalam segi rasa ataupun warna. Dan jawabannya adalah grapefruit.

Pada awalnya “bistek de toronja” adalah kompromisasi yang dipakai warga dalam dituasi sosial dan politik di Kuba, namun dewasa ini hidangan tersebut telah menarik minat para vegetarian. Dan mereka juga memiliki alasan yang bagus: bistik yang eksotis ini cukup lezat jika dimasak dengan baik.

Jika Anda merasa skeptis, ikuti saja langkah-langkah resep dibawah ini dan cicipilah rasanya.

 

Bahan:

Grapefruit pith (bagian spons putih dari buah, diantara buah dan kulitnya) adalah bahan utama untuk bistik “tak berdaging.” Dibumbui, dilapisi tepung roti dan dimasak, bistik grapefruit memberikan rasa yang baru pada indra pengecap Anda.

 

Langkah 1, Anda akan memerlukan:

  • 2-3 grapefruit merah muda
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • Sejumput garam
  • Lada hitam
  • Daun peterselli segar
  • Tepung roti

 

Langkah 2:

Kupas kulit grapefruit dengan pisau dan potong buah jadi dua bagian. Lalu pisahkan buah dari pith (bagian yang putih). Pith itulah yang akan dimasak.

Sementara itu, Anda bisa memakai yang tersisa dari grapefruit untuk membuat jus yang sehat untuk dikonsumsi dengan “bistik” Anda.

Potong pith menjadi dua bagian, seukuran bistik kecil

Cincang bawang putih.

Campur telur dengan garam, merica dan daun peterselli segar dengan merata, sama seperti saat Anda hendak membuat omlet. Gosokkan bawang putih ke potongan pith untuk menambah cita rasa.

Lalu, masukkan pith ke dalam mangkok telur, gulingkan di atas tepung roti dan goreng sampai kedua sisinya matang (kurang lebih 1-2 menit untuk setiap sisinya).

Cobalah! Rasanya akan mengejutkan Anda!

 

*Tips: cuka bisa mengurangi keasaman grapefruit. Anda bisa mencelupkannya ke dalam cairan cuka jika Anda tidak menyukai rasa asam.