Klasifikasi sayuran - manfaat asupan harian sayuran

Klasifikasi sayuran – manfaat asupan harian sayuran

Selain keseimbangan optimal untuk semua sistem tubuh, asupan sayuran secara teratur akan menyediakan serat, mineral dan nutrisi bagi tubuh sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis

Salah satu indikator utama manfaat sayuran terkait kesehatan adalah warna. Bila bertujuan memakan sayuran yang tepat untuk membantu mencegah atau meredakan gejala tertentu, warna sayuran bisa membantu memilih produk yang tepat bagi kebutuhan kita.

Klasifikasi dan manfaat-manfaatnya

Sayuran berwarna merah – meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko kanker. Kentang merah, lobak, bawang merah, paprika merah, akar bit dan tomat adalah beberapa contoh sayuran untuk dipilih jika ingin mendapatkan manfaat-manfaat yang disebutkan di atas.

Sayuran berwarna jingga – kaya beta karoten, sayuran jingga memiliki efek antikanker dan antioksidan (misal: labu, wortel dll.). Bahkan warna jingga menunjukkan adanya asam caffeic yang dapat mencegah penyakit jantung, masalah penglihatan mata dan beberapa bentuk kanker.

Sayuran berwarna hijau – alpukat, kubis brussel, mentimun, salad hijau, bawang hijau, paprika, brokoli, bayam, asparagus, buncis, kacang polong, zucchini, daun bawang, dll. Indole dan lutein meningkatkan penglihatan, memperkuat gigi dan tulang, sekaligus mencegah kanker.

Sayuran berwarna putih – meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular dan mengatur kadar kolesterol. Efek lainnya: antibakteri, anti kanker, antioksidan. Contoh: kembang kol, bawang putih, bawang merah, jamur, jahe dll.

Sayuran berwarna biru atau ungu – kaya akan fenol dan antosianin. Terung, kubis biru dan jagung biru memiliki sifat antioksidan, meningkatkan daya ingat dan menjaga fungsi saluran kemih.

Selain itu, warna juga bisa mengindikasikan nutrisi spesifik yang langka, sehingga makanan kita dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan kita. Mintalah saran dari ahli gizi Anda saat memutuskan memulai diet berdasarkan warna sayuran, untuk memastikan Anda membuat pilihan terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.