Wanita dan olahraga – teman tapi mesra

Wanita dan olahraga – teman tapi mesra

Menurut penelitian medis, aktivitas fisik ringan yang teratur memiliki efek menguntungkan tinggi terhadap kesehatan kewanitaan

Dengan menggabungkan makanan sehat dan olahraga reguler sembari menghindari stres harian, pria dan wanita dapat memperbaiki penampilan fisik dan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Dalam kaitannya dengan kaum wanita, latihan fisik ringan dapat meringankan atau mencegah penyakit tertentu, atau bahkan meningkatkan kualitas fitur-fitur yang berhubungan dengan kesehatan, sebagai berikut:

1. Olahraga meningkatkan kesuburan

Menurut sains, wanita dengan berat badan normal yang mengikuti program olahraga ringan dan teratur bisa hamil lebih mudah daripada wanita dengan berat badan berlebih yang melakukan latihan fisik yang intens.

2. Aerobik mengurangi gejala menopause

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa perawatan hormonal dapat diganti dengan latihan fisik. Hal ini berlaku untuk wanita yang memasuki masa menopause dan menderita: keringat berlebih, iritabilitas, insomnia, perubahan mood dan bahkan depresi.

3. Olahraga bisa mencegah peradangan

Gejala-gejala spesifik penanda tumor yang terkait dengan penyakit yang berhubungan dengan inflamasi dapat berkurang jika wanita secara aktif melatih tubuh mereka.

4. Latihan intensif mencegah penyakit kardiovaskular

Latihan ini lebih efisien untuk kesehatan jantung wanita daripada pria, latihan ini juga dapat mengurangi stroke, sementara diiringi dengan diet sehat dan tidak merokok.

5. Manfaat lainnya:

• Wanita yang melakukan olahraga memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi, kurang terpengaruh oleh stres, menunjukkan risiko depresi yang lebih rendah dan memiliki selulit yang lebih sedikit
• Wanita yang terlibat dalam aktivitas fisik adalah pemimpin yang lebih baik, individu yang lebih produktif dan lebih aktif secara sosial
• Wanita yang secara teratur melakukan latihan fisik akan lebih bahagia dan hidup lebih lama